Edwin's Gallery Kinetic Art Indonesian Contemporary Art Gallery

Kategori

Kinetic Art - yakni makna dalam bhs Inggris yang berarti seni gerak. Dengan etimologi kinetic datang dari kata " kinesis " (bhs Yunani) yang berarti gerakan ; atau " kinetikos " yang berarti bergerak. Tetapi tidak semua seni yang melibatkan gerakan bisa diterangkan " Kinetic Art ". Sebenarnya sejak mulai lama sebagian seniman telah tertarik untuk menggambarkan gerakan. Misalnya atlit yang lari, kuda yang lari cepat, singa yang menerkam mangsanya dan sebagainya. Meskipun itu seni Kineticiniyaitu satu type seni yang relatif baru saja keluar dalam pertengahan masa keduapuluh ini. Sebab kecuali yang diperuntukkan dengan Kinetik tidak sesederhana yang diterangkan di atas, karna seniman Kinetic pada dasarnya lebih tertarik pada gerak itu daripada obyek yang digambarkan bergerak.



Gerakan Kinetic Art seperti kita kenal sekarang ini, dapat diterangkan berawal dari Alexander Calder bukannya dari Gabo atau Moholy-Nagy. Calder memecahkan masalah tenaga penggerak lewat langkah yang sekalian sederhana, luwes dan riil, yaitu dia menggunakan gerakan udara. Jadi dia tidaklah perlu menyembunyikan sumber tenaganya atau berusaha jadikan satu dalam karyanya. Pada awal th. 30-an dia mulai buat apa yang disebutnya mobile. Berupa lengkapnya terdiri dari plat-plat logam datar yang dicat hitam dan putih, atau mungkin saja dengan sebagian warna primer, merah, kuning, dan biru. Plat-plat itu digantungkan pada tangkai dan disambungkan sekian rupa sampai plat-plat itu dapat bergerak bebas ke semuanya arah. Waktu bergerak karna arus udara, pelat-pelat itu berputar dengan lembut pada berbagai tipe kecepatan dan buat seperti lagu (irama musik) gerakan.

Tetapi meskipun mobile karya Calder ada kesesuaian dengan rencanasi Gabo tentang seni rupa kinetik, ide Gabo tidak tampak mempunyai dampak selekasnya padanya. Calder sampai pada seni Kinetic Art lewat langkah buat mainan. Penggunaan sebagian warna primernya mungkin saja saja saja saja datang dari Mondrian dan bentuk plat logam yang beri spirit (jiwa) pada mobile datang dari Miro. Calder cukup lama jadi seniman Kinetik yang dilihat eksentrik. Bagaimanapun juga seni rupa kinetik tidak seni lukis maupun seni rupa umumnya yang dipahami dengan tradisionil. Nampaknya kurang serius ; berdasar pada sebagian orang karya itu ada di toko mainan. Tetapi sejak mulai Perang Dunia II dan terlebih sejak mulai th. 1950-an seni Kinetic Art telah menarik perhatian banyak seniman.

Walau itu akan sia-sia apabila kita cobalah meringkas apa saja yang telah ditangani pada 20 th. terakhir. Karena itu dalam bahasan ini hanya akan diarahkan pada 4 bagian paling butuh karya sebagian seniman Kinetik, yaitu :
a. Karya yang menyangkut gerakan riil.
b. Karya statis yang hasilkan efek Kinetic Art lewat gerakan pirsawan.
c. Karya yang menyangkut proyeksi cahaya.
d. Karya yang membutuhkan partisipasi pirsawan.

Komentari Artikel ini
http://tinypic.com/useralbum.php?ua=xDroBU9Q%2BPRnwxBE9XcXaYh4l5k2TGxc&as=new
Posted by AlysonLjq at 2017/10/25 19:59
https://www.storeboard.com/blogs/social-media/buy-valium-online-without-prescription/805903
Posted by BethanyYdr at 2017/10/26 13:33
Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.
 

Isi tulisan akan diterbitkan dan hanya pemilik blog yang dapat menghapusnya.

削除
Edwin's Gallery Kinetic Art Indonesian Contemporary Art Gallery
    Komentar(2)